Obat Herbal Alami

Jangan Sepelekan Migrain

Jangan Sepelekan Migrain, – Migrain, penyakit kepala ini sering kali mengganggu aktivitas. Sebaiknya Anda tidak menganggap enteng penyakit migrain, karena dapat berakibat lebih buruk pada wanita.

Penelitian terbaru menemukan fakta yang mengkhawatirkan bagi para wanita yang secara rutin mengalami migrain dan aura – gangguan persepsi, biasanya visual, seperti kilatan atau cahaya zigzag atau penglihatan buram.

Jangan Sepelekan Migrain

Jangan Sepelekan Migrain, Berhati-hatilah jika Anda mengalami gejala semacam ini, berisiko dua kali lipat mengalami stroke. “Kasus ini memang jarang terjadi.

Tapi, gangguan visual ini dapat menyebabkan perubahan dalam aktivitas otak. Akibatnya, bisa terjadi penurunan aliran darah ke daerah tersebut. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang memicu stroke,” kata Elizabeth Loder, MD, kepala Divisi Keluhan Sakit Kepala dari Rumah Sakit Khusus Wanita Brigham di Boston, AS.

"Jangan sepelekan migrain"

Jangan anggap remeh jika gejala seperti ini sering Anda alami. Apalagi jika Anda pengguna alat KB dengan kontrol kelahiran dengan estrogen. Pasalnya, alat kontrasepsi ini juga dapat meningkatkan risiko stroke.

Dr Loder menyarankan, untuk segera menanggulangi migrain dengan menghindari berbagai macam makanan dengan tambahan pengawet dan menjauh dari stres.

“Saat memeriksakan diri ke dokter mintalah padanya untuk melakukan rontgen. Dengan cara ini serangan sakit kepala yang sering Anda alami dapat dengan mudah dideteksi,” katanya.

Tak hanya itu, masih terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar Anda terbebas dari serangan Migrain. Apa saja?

Mind relaxation

Salah satu penyebab migrain adalah adanya hal yang membebani pikiran. Lakukan kegiatan yang dapat membuat Anda relaks, seperti mendengarkan musik, pergi ke salon, atau melakukan hobi berkebun.

Kualitas tidur cukup

Penderita migrain sangat disarankan untuk tidur dalam waktu yang cukup. Pola tidur yang teratur mampu mengatasi migrain yang terkadang menyerang, Tidurlah selama 6-8 jam sehari, dan usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Latihan cukup

Olahraga secara teratur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi migrain. Yang perlu diingat adalah bagi penderita migrain sebaiknya memilih olahraga yng tidak terlalu berat, seperti aerobik, bersepeda, dan berjalan kaki.
Sumber: Inilah.com.

Jangan Sepelekan Migrain, Sakit Kepala Sebelah Kiri Jangan Abaikan

Jangan sepelekan migrain, waspadalah selalu dan peduli. Bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala sebelah kiri, Anda perlu mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi sakit kelapala. Sakit kepala sebelah kiri dapat terjadi karena beberapa alasan, waspadalah karena kepala menyimpan serta melindungi otak dan sel-sel syaraf tubuh kita.

Hati-hati karena meskipun sakit kepala kadang-kadang tidak berbahaya, namun ada juga yang serius dan memerlukan perhatian khusus dalam menangani hal itu. Ketika serangan sakit kepala sebelah kiri, kegiatan sehari-hari Anda pasti akan terganggu. Harus diselesaikan dengan sempurna, pertama-tama Anda perlu tahu penyebabnya.

Sakit kepala sebelah kiri biasanya disebabkan oleh :

Jangan sepelekan migrain, Migrain. Kondisi ini sering memengaruhi satu sisi kepala Anda, termasuk sisi kiri kepala Anda. Anda bisa menderita kepala berdenyut dan nyeri tajam disertai mual, muntah atau penglihatan kabur. Rasa sakit bisa berlangsung selama beberapa jam sampai tiga hari atau lebih.

“sakit kepala sebelah kiri, minum obat herbal sakit kepala”

Jangan Sepelekan Migrain, Migrain itu sendiri tidak diketahui dengan pasti penyebabnya tapi diduga akibat gangguan dalam aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia otak dan pembuluh darah. Kondisi ini bisa dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bau atau suara.

  • Radang dalam selaput lendir. Kondisi ini sering disalahartikan untuk migrain. Jika Anda mengalami sinusitis lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atau terinfeksi.
  • Sakit kepala karena tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh stres, kurang tidur, makan terlambat, ketegangan otot, dan postur tubuh yang tidak baik. Pasien mengalami gejala nyeri dan tekanan pada satu sisi kepala yang disertai dengan rasa sakit di leher dan bahu.
  • Sakit kepala cluster. Sakit kepala ini dapat dipicu oleh cahaya lampu, merokok, obat-obatan, cuaca panas dan ketinggian/tempat yang tinggi. Selain sakit kepala di kiri, Anda juga bisa mengalami tersumbat atau hidung meler, sakit di mata, dan bengkak pada bagian wajah.
  • Pria cenderung lebih sering sakit kepala karena diyakini turun temurun. Sakit kepala ini bisa menyerang setiap hari selama periode waktu sebelum akhirnya menghilang untuk jangka waktu tertentu.
  • Tumor otak. Sakit kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh tumor. Rasa sakit bisa menyerang saat tumor di dalam tengkorak telah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak yang solid dan ruang untuk berkembang sangat sempit, jadi jika pembesaran tumor akan dipaksa untuk mengisi daerah yang sempit ini, dan akibatnya akan memukul daerah lain yang akan menyebabkan rasa sakit migrain.
  • Pukulan stroke. Jika Anda mengalami stroke, Anda mungkin mengalami sakit kepala sebelah kiri. Itu karena darah mengalir ke daerah otak yang ditutupi oleh gumpalan darah. Hasilnya di bagian otak akan kekurangan oksigen dan nutrisi. Bukan hanya sakit kepala, Anda juga mungkin mengalami mati rasa, tubuh lemah, kesulitan berbicara dan kehilangan koordinasi.

Selain hal-hal di atas, sakit kepala kiri juga bisa dialami saat makan es krim, olahraga, dehidrasi, berhubungan intim, konsumsi obat untuk sakit penyakit atau kondisi kesehatan seperti sakit gigi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, aneurisma, dan arteritis sel raksasa.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sebelum berurusan dengan kondisi ini, Anda harus tahu penyebab sakit kepala sebelah kiri, berkonsultasilah dengan dokter. Ketika berkonsultasi, dokter akan bertanya tentang karakteristik sakit kepala Anda, seperti apa rasa sakit kepala sebelah kiri yang Anda alami dan berapa lama Anda mengalaminya.

Untuk menentukan penyebab sakit kepala sebelah kiri lebih jelas, dokter mungkin akan menyarankan tes seperti CT scan atau MRI.

Setelah mengetahui penyebab sakit kepala, Anda dapat melakukan hal berikut:

Jika penyebab migrain. Sebenarnya tidak ada obat untuk migrain, tetapi ada obat yang dapat mengurangi rasa sakit seperti ibuprofen, naproxen atau tylenol. Atau Anda juga dapat meminta resep khusus dari dokter. Selain obat-obatan, rasa sakit juga dapat dicegah dengan relaksasi, tidur nyenyak, olahraga, mengurangi asupan estrogen (metode kontrasepsi), serta menghindari pemicu migrain lain.

Jika pemicunya adalah makan es krim. Untuk kondisi ini, sakit kepala kiri akan hilang dengan sendirinya setelah Anda berhenti makan es krim.

Jika hubungan seksual sebagai pemicu. Anda dapat mengambil ibuprofen setengah jam sebelum hubungan seksual untuk mencegah sakit kepala. Namun, jika sakit kepala itu masih datang atau bahkan lebih buruk, Anda harus berkunjung ke dokter.

Jika penyebab sinusitis. Jika sinusitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, kondisi dapat diobati dengan antibiotik yang hanya bisa diperoleh dari resep dokter. Anda juga dapat mengatasi sinusitis dengan cara mandiri di rumah.

Jika sakit kepala ketegangan penyebabnya. Kompres bagian yang sakit dengan air hangat atau dingin dapat mengurangi nyeri. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh atau melakukan akupunktur dan akupresur. Yang penting, Anda harus membebaskan diri dari stres.

Jika Anda ingin menanganinya dengan obat, Anda dapat makan obat penghilang rasa sakit kepala yang dijual bebas di pasaran atau meminta resep khusus dari dokter.

Jika penyebab sakit kepala cluster. Anda dapat mengurangi rasa sakit untuk menjalani hidup sehat seperti cukup tidur dan menghindari alkohol. Obat-obatan yang dapat Anda minum yang bisa didapat di pasar seperti ibuprofen atau naproxen. Obat steroid seperti prednisone juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Jika penyebab tumor otak. Pengobatan tumor otak tidak dapat disamakan dengan setiap individu karena tergantung pada ukuran, lokasi dan jenis tumor. Beberapa rekomendasi tindakan penyembuhan termasuk operasi, terapi radiasi, radiosurgery, atau kemoterapi. Hal yang perlu diingat, penanganan harus dilakukan oleh tim medis.

Jika penyebabnya adalah stroke. Untuk stroke, perlu ditangani di rumah sakit. Anda dapat melakukan pencegahan stroke, seperti bagaimana menjalani gaya hidup sehat, berolahraga, berhenti merokok, membatasi alkohol, menjauhkan diri dari narkoba, menjaga berat badan yang sehat dan diet seimbang.

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh hal-hal lain, Anda dapat lebih berkonsultasi dengan dokter. Sakit kepala ke kiri adalah suatu kondisi yang biasanya memengaruhi banyak orang dan sering dianggap sebagai sakit kepala biasa.

Namun, ada beberapa kondisi yang sangat serius yang ditandai dengan sakit kepala kiri. Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada ketika mengalami kondisi ini. Untuk segera ke dokter jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah kiri, atau keadaan akan semakin memburuk.

Demikian informasi tentang sakit kepala sebelah kiri dan pengobatanny, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tersebut di atas, terima kasih. Referensi artikel: alodokter.com, terima kasih alodokter yang sudah menulis artikel bermanfaat untuk pengetahuan kita khususnya tentang penyakit dan kesehatan.

Add Comment